Tugas PPB 10
Nama: Mohammad Firman Fardiansyah
NRP: 5025201109
Kelas: PPB I
Aplikasi Dessert Clicker
Dalam latihan ini, kita akan belajar membuat aplikasi bernama dessert clicker. Tujuan dari pelatihan kali ini yaitu mempelajari lebih lanjut tentang lifecycle atau siklus hidup dari sebuah Activity pada program android. Kita mengetahui bahwa secara dasar terdapat tujuh lifecycle yang ada, yaitu onCreate(), onStart(), onRestart(), onResume(), onPause(), onStop(), dan onDestroy().
Sebelum mempelajari lebih lanjut, kita perlu mengunduh file zip yang disediakan di Github pada link berikut: https://github.com/google-developer-training/basic-android-kotlin-compose-training-dessert-clicker. Setelah itu kita buka folder tersebut seperti tutorial sebelumnya lalu kita jalankan. Dari program yang dijalankan kita dapat melihat beberapa lifecycle yang telah dijalankan di antaranya yaitu:
1. onCreate()
Metode ini digunakan untuk inisialisasi aktivitas seperti mengatur user interface menggunakan setContentView(), inisialisasi variabel, membuat data dalam sebuah list, dll. Aktivitas ini masih berada dalam memori dan belum terlihat oleh pengguna
2. onStart()
Fase ini ditandai dengan aktivitas mulai terlihat oleh pengguna tetapi belum berada di foreground. Pengguna dapat melihat aktivitas yang terjadi, tetapi belum dapat berinteraksi secara penuh dengan aplikasi Android. Pada fase ini, aktivitas akan melakukan persiapan dan pembuatan komponen agar menjadi lebih interaktif.
3. onResume()
Fase ini menandai bahwa aktivitas telah berada di foreground dan sudah siap untuk berinteraksi dengan pengguna. Pada fase ini aktivitas akan menjadi fokus utama seperti menerima input pengguna, menampilkan informasi terbaru, hingga update data. Fase ini adalah inti dari siklus aktivitas Android karena akan menjalankan fungsionalitas utamanya.
Metode onPause() dipanggil ketika aktivitas meninggalkan foreground tetapi sebagian lainnya masih terlihat oleh pengguna. Fase ini merupakan waktu untuk menyimpan data sementara, menghentikan animasi, atau tugas lain yang memakan sumber daya sistem. Aktivitas akan disimpan dalam memori dan dapat aktif kembali ketika pengguna kembali.
5. onStop()
Metode onStop() dipanggil ketika aktivitas tidak lagi terlihat oleh pengguna dan akan dihentikan oleh sistem untuk mengosongkan memori. Pada fase ini, aktivitas tidak lagi berinteraksi dengan pengguna dan semua tugas yang tidak diperlukan ketika aktivitas tidak terlihat akan dihentikan untuk menghemat sumber daya.
6. onDestroy()
Metode onDestroy() akan dipanggil sebelum aktivitas dihancurkan atau dihentikan sepenuhnya. Fase ini merupakan fase terakhir dimana aktivitas akan membersihkan semua sumber daya yang tidak diperlukan dan bisa menyimpan status terakhir jika diperlukan. Aktivitas ini dapat dihancurkan dengan berbagai alasan, seperti pengguna menutup aktivitas atau sistem menghapus aktivitas untuk mengosongkan memori. Setelah onDestroy() dipanggil, seluruh aktivitas sepenuhnya dihapus dan kembali dimulai dari onCreate().
7. onRestart()
Metode onRestart() memiliki tujuan yang sama dengan metode onStart() dimana aplikasi akan diperlihatkan sekaligus tampilan user interface. Perbedaannya yaitu jika metode onRestart akan dipanggil jika state sebelumnya adalah onStop()
Implementasi hasil dan source code dapat dilihat di bawah ini:
Komentar
Posting Komentar